2:09 PM
0
Aplikasi atau software yang kita gunakan adalah Portable Application Creator. Aplikasi ini akan membantu kita untuk menginstall aplikasi lain ke dalam USB Flash disk dalam bentuk aplikasi portable yang siap digunakan tanpa perlu menginstallnya ke PC, sehingga mudah dibawa kemana saja dan menghemat ruang Hard disk.

Ok, kita langsung saja ke tahap pembuatannya:

  1. Download/unduh file Portable Application Creator.rar dari www.jonnyfartypants.com atau disini ke hard disk kemudian di ekstrak. Jangan lupa flash disk yang akan dipakai untuk menginstall aplikasi lain harus sudah terpasang pada port USB.
  2. Buka file hasil ekstrak tadi kemudian klik ganda file “PAC Compiler.exe”, tunggu beberapa saat sampai muncul boks dialog “PAC Compiler”. Aplikasi ini akan mencari aplikasi “Autolt.exe” di hard disk. Jika tidak ada, aplikasi ini akan meminta untuk mengunduhnya di internet. Klik [yes], tunggu sampai proses unduh selesai kemudian klik [Done].
  3. File “PAC Compiler.exe” akan berubah menjadi “Portable App Creator.exe”. Klik ganda file tersebut. Pada boks dialog pilih drive flash disk di “Portable device located at drive”.
  4. Klik [Nekt]. Klik [Browse], lalu cari file installer dari software yang akan dijadikan portable. Klik file installer berekstensi .exe lalu pilih [Open]. Kita menggunakan contoh file installer aplikasi Free Registry Cleaner. Klik [next].
  5. Sekarang kita akan dihadapkan pada wizard Instalasi. Klik [Take 1st Shot]. Jika proses tuntas, klik [Install Application] dan proses pembuatan aplikasi portable-pun dimulai.
  6. Perhatikan kolom “Destination Folder” dan pastikan terinstal ke flash drive, klik [Next] hingga proses penginstallan selesai.
  7. Kembali ke wizard “Portable App Creator”, klik [Get Shortcut Info]. Klik [Browse] disamping kotak “Get the location of application to run” kemudian klik [Open]. Pada kotak “Get the location for the launcher” tentukan masukkan lokasi shortcut aplikasi tadi. Klik [Next] -> [Open/Close] untuk mencoba aplikasi, jika bisa berjalan, tutup jendela aplikasi.
  8. Klik [Take 2nd Shot] -> [Process Shots]. Kalau sudah, klik [Next] -> [Done]. Aplikasi telah berhasil terinstall ke flash drive.

Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment