9:09 AM
0
Pada artikel sebelumnya kita telah mencoba membuat aplikasi portable dengan menggunakan aplikasi Portable Application Creator. Nah.. pada artikel kali ini, kita akan mencoba membuat aplikasi portable dengan menggunakan Universal Extractor yang bisa di unduh disini serta aplikasi WinRAR yang di unduh dari www.rarlab.com.

Jangan lupa…aplikasi yang akan dijadikan portable harus berekstensi .exe, jadi bukan aplikasi yang sudah terinstall di PC atau format lain.

Ok…kalau kedua aplikasi tersebut sudah ada, segera diinstall ke PC karena kalau kelamaan bisa keduluan orang.

Simpan aplikasi (misal: Easy Duplicate Finder.exe) yang akan dibuat portable kedalam folder tersendiri agar mudah, kemudian ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik kanan file “Easy Duplicate Finder.exe” lalu pilih [UniExtract to Subdir], kemudian akan keluar kotak konfirmasi berisi pilihan mode ekstraksi, pilih opsi yang paling atas -> [Ok]. Kalau kotak konfirmasi tidak keluar, tunggu sampai muncul kotak “Command Prompt” yang menandakan proses ekstraksi telah selesai. Hasil ekstraksi tadi akan terbentuk dalam folder baru yang bernama sama dengan file installer yang akan kita portable-nya.
  2. Buka folder baru tersebut yang berisi banyak sub folder kemudian cari sub folder berisi file aplikasi berekstensi .exe (mis: Easy Duplicate Finder.exe). Setelah ketemu sub foldernya, seleksi semua isi sub folder tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih [Add to archive…] untuk mengkompresi data menggunakan WinRAR.
  3. Setelah tampil boks WinRAR, lihat kotak “Archive name” dan masukkan nama file aplikasi portable. Klik [Create SFX archive].
  4. Pada menu “Compression methos” pilih [Best] -> [Advanced] -> [SFX Options…].
  5. Pada tab “General”, isi kotak “Run after extraction” dengan nama aplikasi berekstensi EXE (mis: Easy Duplicate Finder.exe).
  6. Klik tab [Modes], pilih [Unpack to temporary folder]. Klik [Hide all] pada “silent mode” dan [Overwrite all files] pada “Overwrite mode”. Klik [Ok] -> [Ok] lagi pada kotak “Archive name and parameter”, tunggu sampai proses kompresi selesai.
  7. Didalam folder yang kita kelola tadi akan muncul file baru berekstensi .exe bernama sesuai dengan yang kita buat tadi. File tersebut telah berbentuk portable, masukkan kedalam flash disk dan siap digunakan pada komputer ber-OS Windows manapun.

Selamat berjuang.

0 komentar:

Post a Comment